Resume adalah alat satu-satunya Anda harus memastikan bahwa Anda dapat melangkah masuk ke ruang wawancara, dan knanya mendapatkan impian Anda . Oleh kna itu, untuk memastikan Anda memiliki kesempatan untuk langkah di ruang wawancara, Anda harus memastikan bahwa resume Anda menarik dan fantastis cukup untuk menangkap kepentingan majikan potensial Anda dan mampu “berdiri” di antara orang banyak. Kampanye mencari pekerjaan sebenarnya sama dengan kampanye pemasaran, dengan Anda sendiri sebagai produk untuk menjual, tara resume Anda harus menjadi salesman untuk mempromosikan Anda ke pelanggan potensial Anda (majikan potensial).
Berikut adalah beberapa poin Anda harus perhatikan dalam menulis resume Anda.
1) Memiliki bukti untuk semua prestasi Anda : Bukan hanya daftar semua sertifikat dan kualifikasi Anda, cobalah untuk menghubungkan mereka dengan pengalaman Anda, Anda mendapatkan dan menunjukkan kerja potensial Anda bagaimana Anda bisa menggunakan Anda keterampilan dalam pekerjaan sehari-hari Anda. Dengan kata lain, Anda perlu kembali semua keahlian Anda dan sertifikat atas, majikan Anda menunjukkan bahwa Anda tidak hanya belajar, tapi anda dapat melakukan mereka dalam rutinitas harian Anda. Mohon pilih kualifikasi Anda dan sertifikat untuk memasukkan ke dalam resume Anda dan mencoba untuk menghubungkan semua kembali ke ruang lingkup pekerjaan yang Anda lamar.
2) Gunakan Kata Kunci kanan : Saat ini, banyak perusahaan telah disesuaikan dengan elektronik melanjutkan penyaringan sebagai jumlah responden telah meningkat secara drastis. Untuk memastikan bahwa resume Anda tidak menyaring dalam tahap pertama, pastikan Anda memiliki kata kunci bahwa resume penyaringan perangkat lunak pencarian. Harap jangan menggunakan istilah generik di resume Anda, misalnya akuntansi, programmer dll Jangan menentukan spesialisasi Anda dan bidang yang Anda minati, ganti kata-kata dengan Java Programming, pembukuan dll